* Tentang Ayam Hutan Hijau Yang Unik : Bagian I *|my

* Tentang Ayam Hutan Hijau Yang Unik : Bagian I *
[ 15-12-2017 ]

* Tentang Ayam Hutan Hijau Yang Unik : Bagian I *

Ayam Hutan Hijau Yang Sangat Banyak Keunikannya

Sabung Ayam - Kepulauan Nusa Tenggara termasuk juga Bali serta Jawa inilah yang diketahui penyebaran terbatasnya ayam hutan hijau. Ayam yang sangat menyukai berpadang rumput serta daerah yang terbuka, daerah yang dengan bukit-bukit rendah dekat dengan pantai serta tepu hutan. Tercatat didaerah Jawa Barat ayam hutan hijau hidup hingga mencapai ketinggian 1.500 m dpl, sedangkan didaerah Jawa Timur hidup hingga mencapai ketinggian 3.000 m dpl serta didaerah Lombok ayam tersebut hidup diketinggian hingga 2.40.. dpl. Umunya pagi hari serta sore haru ayam tersebut mencari makanan berbagai tempat yang berumput serta terbuka, sedangkan di hari siang terik matahari ayam tersebut akan berlindung dibawah naungan tajuk hutan.

Ayam hutan hijau memakan makanan pucut rumput, beraneka serangga, beraneka bijian, serta dedaunan, dan beraneka jenis hewan yang kecil seperti kodok, kadal kecil, cacing, serta laba-laba. Ayam sabung ayam online tersebut akan mencari makanannya direrumputan, terlihat dalam kelompok, 2 hingga 7 ekor atau lebih berada dalam perkumpulan ungulata besar seperti misalnya sapi, kerbau serta banteng. Ayam hutan hijau diketahui sangat senang mengais-ngais serta membongkar kotoran herbivora untuk mencari serangga yang memakan kotoran tersebut ataupun bijian yang masih belum dicerna sempurna, selain dari memburu serangga yang biasanya mengganggu hewan besar tersebut.

Kelompok ayam hutan hijau tersebtu tidur di malam hari, tidak berjauhan dengan perdu-perduan, dedaunan palem hutan, ataupun rumpun bambu di ketiggian 1,5 hingga 4 m diatas tanah. Diantara bulan Oktober hingga November, ayam hutan hijau akan berkembangbiak untuk didaerah Jawa Barat. Untuk didaerah Jawa Timur, sekitar dibulan Maret hingga Juli. Sarang ayam judi sabung ayam tersebut dibuat sangat sederhana dalam lindungan semak ataupun rumput tinggi diatas tanah yang berlapis rumput. Telur ayam hutan hijau berjumlah sekitar 3 hingga 4 butir serta berwarna keputihan.


Baca Juga : Salah Satu Ayam Kebanggaan Indonesia "Ayam Kukuak Balenggek"


Ayam hutan hijau pintar terbang tidak seperti keturunannya ayam kampung. Bahkan, didalam beberapa minggu saja anakan ayam hutan hijau tersebut sudah mampu terbang menghindarkan bahaya. Sedangkan ayam video sabung ayam yang dewasa dapat terbang secara vertikal ke cabang pohon dekat dengannya atau seketika dalam ketinggian 7 m bahkan lebih. Ayam hutan hijau dapat terbang mendatar, terbang lurus hingga sampai beberapa ratus meter, bahkan diyakinkan sangat mampu melintas laut dari pula ke pulau lain yang berdekatan.